Minggu, 22 Maret 2015

Pantai Perawan "GONDA"

Kalau bicara tentang pantai GONDA, pasti akan banyak yang langsung bertanya "pantai GONDA itu di mana ?". Memang pertanyaan tersebut tidaklah salah karena belum banyak orang yang berkunjung ke tempat ini, Namun kali ini saya ingin bercerita sekaligus mengulas habis apa yang nampak di kedua bola mata saya tentang pantai GONDA. 
Pesona keindahan pantai GONDA yang tak jauh dari pantai labuang dan pantai palippis tepatnya di dusun Gonda, desa Laliko, kec Campalagian kabupaten Polewali mandar. Untuk bisa sampai ke pantai GONDA dari terminal kecamatan wonomulyo bisa ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan mobil atau sepeda motor menuju campalagian, tak perlu repot karna lokasi pantai GONDA hanya berjarak 200 meter dari jalan poros mejene, depan pos polisi kehutanan campalagian.

Pantai Gonda, Kecamatan Campalagian Kab. Polewali Mandar

Keunikan pantai GONDA dari sektor pesisir adalah hutan mangrove-nya yang membentang panjang meliuk mengikuti bibir pantai, yang tak lain juga berfungsi sebai pelindung bagi tambak warga sekitar dari pengikisan air laut (abrasi). untuk menikmati keindahan hutan mangrove di pesisir pantai GONDA anda dapat menggunakan lepa-lepa (sampan), tapi jika ingin lebih detail mengetahui tentang tanaman mangrove, ada baiknya kalau anda menyisiri pesisir pantai dengan berjalan kaki "tentunya dengan jasa guide", tapi harus tetap berhati-hati karna di sekitar hutan mangrove ada banyak tiram yang dapat melukai kaki anda, sangat di anjurkan menggunakan sandal/sepatu.
Tak sampai di situ karna anda juga bisa berkeliling mengitari birunya laut dengan menggunakan perahu yang dapat ditemukan di sepanjang pantai yang disewakan oleh para penduduk sekitar. tarif yang di kenakan-pun cukup murah yaitu Rp 50.000 dan sekali perjalanan dengan durasi waktu sekitar 1 - 2 jam, anda tak perlu merasa jenuh karna pengemudi perahu akan menunjukkan pada anda spot-spot menarik, baik hanya untuk berjalan-jalan mencuci mata ataupun untuk di jadikan lokasi snorkling.


Nemo dibawah laut Gonda

Kita dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjemur di pantai, berenang, menyelam, memancing, Kita juga dapat berjalan-jalan mengitari pantai GONDA dengan berjalan kaki mengikuti garis pantai,atau hanya sekadar bermain-main saja. Di sekitar perairan pantai GONDA juga bisa ditemukan berbagai macam terumbu karang yang penuh dengan spesies ikan yang unik, lucu, berwarna-warni, dan kalau kita beruntung kita dapat melihat penyu , lobster. Namun perlu diingat juga bahwa harus ekstra hati-hati, karena di beberapa tempat pantai ini memiliki karang-karang yang tajam.
Sedikit informasi bahwa pantai GONDA ini memiliki bentang panjang hutan mangrove kurang lebih 1,46 km, yang berpenghuni tetap sekitar 150 kepala keluarga dan hanya sekitar 35 kepala keluarga yang berdiam di sekitar pesisir pantai. Bila ke sana, jangan berpikir bahwa akan menemukan fasilitas mewah, yang kita temukan hanyalah beberapa fasilitas berupa beberapa rumah pohon dengan kapasitas maksimal 6 orang, serta tempat menyewa perahu untuk melakukan aktifitas di laut. 


Terumbuh Karang

Tak ada warung ataupun rumah makan yang menyediakan makanan. jadi untuk para wisatawan lokal ada baiknya sebelum ke tempat ini anda belanja kebutuhan anda terlerlebih dahulu. Tapi sekalipun tempatnya sederhana dan jauh dari segala macam kemewahan, kombinasi pemandangan pantai dengan hutan mangrove di sekitarnya serta situasi yang tenang, nyaman, dan keramahan warga setempat memiliki daya tarik tersendiri yang membuat kita betah tinggal berlama-lama di pantai ini. Saya masih belum puas rasanya mengeksplor pantai ini. Ingin rasanya kembali ke sana dan menikmati semua keindahan yang ada di sana. =>‪#‎BERSAMBUNG‬
‪#‎mari_ke_gonda‬
‪#‎Liat_hutan_mangrove‬
‪#‎Liat_coral‬
‪#‎Liat_indahnya_alam‬
‪#‎SALAM_TRAVELER‬

Sumber : https://www.facebook.com/groups/914981505196888/permalink/1012346278793743/
Penulis : Muhammad Abrar 

0 komentar:

Posting Komentar